Tentang Pesan Error “Notice: Undefined Variable” pada PHP

Apakah anda pernah mendapatkan masalah dengan pesan error berikut ketika anda menginstall suatu aplikasi berbasis web dengan PHP atau anda sedang programming dengan PHP? Pesan error jenis seperti ini memang tetap harus diatasi, tidak sekedar ditutupi. Untuk para programmer yang melakukan penutupan pada Display Error, maka Notice ini kemungkinan tidak akan terlihat. Perintah tidak jalan begitu saja. Untuk itu, proses programming diharapkan para programmer tetap menghidupkan Display Error untuk mengetahui Error yang terjadi.

Menghidupkan pesan error dapat dilakukan dengan dua cara, antara lain :

Mengubah value Display_errors pada php.ini dari ‘Off’ menjadi ‘On’
Menambah command pada halaman coding anda dengan code seperi berikut

ini_set('display_errors','On');

Lakukan ini jika tidak memiliki akses terhadap file php.ini

Display Errors, sebaiknya dimatikan ketika proses programming telah selesai, karena web yang terbuka pesan errornya akan menjadi jalan bagi para Hacker.

Bagaimana dengan “Notice: Undefined Variable”?

Pesan tersebut menunjukkan bahwa variabel tidak diketahui. Mengapa? Hal ini terjadi kemungkinan ada pada kesalahan programming, atau setting php yang memang dibuat sedemikian hingga agar seluruh variable ter-set/register dengan baik. Solusinya?

Cek di value = register_globals pada php.ini dari OFF menjadi ON, meskipun ini juga akan beresiko terhadap security. Untuk meminimalisasi resiko security, lakukan ini hanya pada aplikasi yang dimaksud, dengan cara menambahkan command pada baris pertama :

ini_set('register_globals','ON');

Cek juga pada bagian Error Reporting pada php.ini. Lihatlah jika anda melihat bahwa pada php.ini berisi

E_STRICT pada error reporting, maka ubahlah menjadi E_NOTICE. Jika anda tidak memiliki akses pada php.ini, maka tambahkan pada awal aplikasi atau halaman anda seperti demikian

error_reporting(E_ALL ^ E_NOTICE);

Note: Anda kesulitan dengan mendapatkan nilai error_reporting, atau display_error? Tambahkan pada script anda:

$a = ini_get('error_reporting');$b = ini_get('display_errors');echo $a. "";echo $b;

Anda akan mendapatkan angka tertentu untuk $a, dan angka 0 ata 1 untuk $b(display error) . 0 adalah Off, dan 1 dalah On.

Semoga berguna