-->

Sekilas tentang joomla

10:00 PM
MENGENAL CMS JOOMLA

CMS Joomla adalah cms terbaik saat ini, hal ini karena kemudahan dalam pengelolaan, dukungan dan tampilannya yang mudah di customization/fleksibel sesuai dengan seleran user, simple, elegant dan powerfull serta banyaknya ekstension yang mendukungnya.

JOOMLA dari masa ke masa
- CMS Joomla 1.0.x
Joomla awalnya dikembangkan dari open source project Mambo, yang dahulu sering disebut Mambo Open Source (MOS). Mambo sebenarnya dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Miro. Untuk kemudian diberikan kepada komunitas open source. Mambo merupakan sebuah variant CMS yang gratis untuk dikembangkan.
Pada bulan agustus 2005 terjadi perselisihan prinsip antara pihak komunitas dengan Miro, akibatnya beberapa anggota MOS tersebut keluar dan membentuk project baru yang bernama Joomla. Joomla sendiri berasal dari kata Jumla (Bahasa Suaheli, Kenya) yang artinya together atau bersama-sama.
Pada tanggal 16 september 2005 resmi direlease Joomla versi 1.0.0 (ini merupakan versi alias dari mambo versi 4.5.3)
Pada tanggal 13 Oktober 2008, tim development CMS Joomal 1.0.x mengeluarkan pernyataan untuk menghentikan support terhadap CMS joomla versi 1.0.x terhitung tanggal 22 juli 2009. Ini berarti mulai tanggal 22 juli 2009 semua support terhadap Joomla versi ini dihentikan. Walaupun demikian anda tetap dapat menggunakannya sampai sekarang dengan resiko segala bugs anda tanggulangi sendiri.
- CMS Joomla 1.5.x
Joomla versi 1.5.x, awalnya diberi nama Joomla versi 1.1. Hal ini diumukan oleh tim development pada situs joomla.org. Namun akhirnya dirubah menjadi Joomla versi 1.5.x.
Oleh karena itu saya sarankan jika anda ingin menggunakan CMS ini sebaiknya menggunakan versi Joomla versi 1.5.x atau migrasi ke versi ini jika anda masih menggunakan versi lama, hal ini disebabkan oleh :
Berakhirnya support terhadap CMS joomla 1.0.x, termasuk tidak tersedianya lagi ekstension terbaru untuk versi 1.0.x
Keamanan
Sampai sekarang versi joonla sudah mencapai versi 1.5.7. Ini merupakan versi stable terakhir dari Joomla versi 1.5.x.
- CMS Joomla 1.6.x
Ini merupakan versi terbaru dari Joomla. Sayangnya versi ini masih dalam tahap pengembangan. Saya tidak dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai versi ini. Bagi user yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai versi ini silahkan kunjungi http://developer.joomla.org.
Jika anda ingin menggunakanya silahkan tapi di localhost dan tidak disarankan untuk di online kan karena belum mencapai versi stable dan masalah keamanan web.