Mengenal ekstension pada joomla

extensions joomla
MENGENAL EKSTENSION PADA JOOMLA

Istilah ekstension (extensions) pada CMS Joomla diperkenalkan mulai pada CMS Joomla versi 1.5.x. Pada versi 1.0.x disebut dengan mambot, modules, component, template dan language, karena untuk proses install dan uninstall nya masing-masing tepisah. Pada Joomla versi 1.5.x item-item tersebut digabung menjadi satu dinamakan ekstension dengan fungsi yang sama. Extension artinya perluasan, yaitu fitur-fitur khusus yang memberikan nilai tambah pada CMS Joomla anda.

Ekstension memiliki beberapa bagian yaitu :
1. Template, yaitu struktur utama yang membentuk dan menata tampilan halaman web joomla anda. Template memiliki arti yang sama seperti skin atau theme pada OS anda. Pada template ini diatur, tata letak module, pewarnaan, jenis font dan lainnya yang mengarah pada tampilan web.
2. Module, yaitu unit program/ aplikasi yang mempunyai fungsi tertentu untuk memperkaya kemampuan web CMS Joomla, dan dapat langsung ditampilkan pada halaman web anda melalui pengaturan admin anda. Tata letak nya juga dapat disesuaikan dengan template anda.
3. Component, yaitu unit program/ aplikasi yang memiliki fungsi lebih lengkap dibandingkan dengan module. Component biasanya disertai dengan fitur bahasa dan database tersendiri sehingga mempunyai fungsi lebih terhadap web anda. Component tidak dapat ditampilkan secara langsung pada halaman anda, tetapi terlebih dahulu harus dihubungkan oleh sebuah menu untuk menampilkan sebuah component.
4. Plugins, merupakan aplikasi khusus yang bekerja dibelakang layer untuk memperkaya editor Joomla anda. Pada versi sebelumnya dikenal dengan nama mambot. Misalkan anda dapat menyisipkan sebuah gambar pada artikel anda hanya dengan mengetikkan beberapa perintah pada plugins anda, atau menyediakan editor WYSWYG (What You See What You Get), untuk keperluan editorial artikel anda.
5. Language, merupakan sebuah aplikasi agar CMS Joomla anda dapat ditampilkan menggunakan berbagai bahasa yang ada. Melalui fitur ini, kita dapat membuat sebuah website dengan dukungan beberapa bahasa, seperti bahasa Indonesia, inggris, belanda, china, dsb. Sehingga web yang kita bangun dapat menjadi web multi bahasa.

Kelima item diatas dapat disebut sebagai ekstention pada CMS joomla.

Tips khusus : Bagi anda yang ingin menginstall ekstention pada versi sebelumnya untuk diinstall pada versi 1.5.x, anda dapat menggunakan LEGACY mode pada CMS Joomla 1.5.x. Caranya :
1. Dari halaman administrator, klik menu extensions - plugin manager, sehingga tampil plugin yang ada.
2. Cari system - legacy, kemudian aktifkan dengan mengklik icon (x).
3. Lihat pada bagian kanan atas halaman admin anda, jika ada tulisan legacy : 1.0, maka system legacy anda telah aktif dan anda dapat menginstall ekstension joomla versi 1.0.x dan versi 1.5.x.